13 KPM Menerima Penyaluran BLT DD Tahap VIII Tahun 2021

Penyaluran BLT DD Tahap VIII Tahun 2021 Desa Hargorejo

TIRTOMOYO WONOGIRI – Bertempat di Balai Desa Hargorejo pada hari Senin (02/08/2021) penyaluran BLT DD tahap VIII (Delapan) Bulan Agustus 2021 di tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang ketat.

Pemerintah Desa Hargorejo, Kec. Tirtomoyo menyalurkan BLT DD kepada 13 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari 8 dusun se-Desa Hargorejo. Jumlah tersebut harusnya 14 KPM, akan tetapi berkurang 1 KPM karena terverifikasi ada salah satu anggota keluarganya telah mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah berupa BST.

Sebanyak 13 KPM Desa Hargorejo menerima BLT DD Tahap VIII Tahun 2021

Penentuan penerima BLT DD didasarkan pada keluarga yang belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah baik melalui PKH, BPNT, BST maupun program bansos lain. Hal ini ditetapkan agar calon KPM tidak menerima bantuan ganda yang bersumber dari anggaran Pemerintah, sehingga dapat terjadi pemerataan penyaluran bantuan.


Baca juga :

Sebanyak 40 KPM Desa Hargorejo Mendapatkan Bantuan Sosial Tunai

STOP Takut Vaksinasi Covid-19! Sebanyak 100 Lansia Desa Hargorejo Tirtomoyo Sudah Melakukan Vaksinasi


Sebagai syarat pengambilan BLT DD, penerima diharuskan membawa fotokopi KTP dan KK untuk memastikan bahwa warga yang datang benar-benar KPM yang sudah ditentukan.

Setiap KPM menerima bantuan sejumlah 300 ribu yang bersumber dari Dana Desa. Hal ini sesuai dengan PMK-222 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021 yang didalamnya memuat bahwa BLT DD harus dilaksanakan selama 12 bulan.

Penyaluran BLT DD Tahap VIII berjalan dengan lancar

Hanung Nugroho sebagai Pendamping Desa turut hadir dalam rangka monitoring pelaksanaan penyaluran BLT DD, apalagi kali ini BLT DD Tahap VIII disalurkan saat PPKM Darurat.

“Penyaluran BLT DD Tahap VIII di Desa Hargorejo berjalan dengan lancar tanpa kendala, ini sangat membanggakan karena KPM sudah mempunyai kesadaran yang tinggi untuk menerapkan protokol kesehatan”, kata Hanung Nugroho.

“Semua KPM yang datang mengambil bantuan BLT DD sudah memakai masker, tanpa diingatkan mereka juga langsung cuci tangan di tempat yang sudah disediakan”, imbuhnya.

Penulis Wawan Lisdianto.