Jembatan Berdiri, Warga Damon Hargorejo Tidak Lagi Nyemplung Ke Kali Untuk Menyebrang

Pembangunan Jembatan Dusun Damon Desa Hargorejo,Kec.Tirtomoyo

TIRTOMOYO WONOGIRI. Kepala Desa Hargorejo Purwoko,S.Sos penuhi janji saat kampanye di Dusun Damon dengan membangun jembatan Damon Desa Hargorejo Kecamatan Tirtomoyo. Jembatan Damon terletak di Dusun Damon Desa Hargorejo dan Dusun Ngepring Desa Genengharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Kab.Wonogiri.


Baca juga :

Jembatan Puter, Mimpi Masyarakat Jadi Nyata

Cengkeh mati masyarakat menjerit

13 Warga Hargorejo Sukarela Mengundurkan Diri dari PKH Karena Merasa Tidak Miskin


Jembatan Damon menelan biaya pembangunan Rp. 150 Juta berasal dari Dana Desa tahun 2021. Biaya tersebut hasil kerjasama antara Desa Hargorejo dengan Desa Genengharjo. Jembatan Damon ini merupakan satu impian masyarakat Dusun Damon karena selama 72 tahun belum mendapat perhatian dari pemerintah. Fungsi jembatan ini nantinya akan mampu menjadi penghubung dua desa di Tirtomoyo yaitu Desa Hargorejo dan Desa Genengharjo.

Pembangunan Jembatan Damon dari Dana Desa Tahun 2021

Dadi Saptowardoyo, warga Damon, mengaku senang dengan dibangunnya jembatan Damon. Adanya jembatan tersebut memudahkan masyarakat untuk menyeberang Kali Ngrejo tanpa harus turun langsung ke sungai. Jembatan Damon juga menjadi akses terdekat yang menghubungkan Desa Hargorejo dengan Desa Genengharjo.

Dadi, menambahkan, ada dua RT dengan total hampir 124 KK. Sebelum jembatan  Damon dibangun, warga sekitar harus nyemplung dan basah-basahan ke sungai hanya untuk menyeberang. Bahkan saat musim penghujan mereka bisa terisolasi karena tidak dapat menyeberang.

Proses pemasangan Besi WF Jembatan Damon Desa Hargorejo

Diakui, jalan lain untuk menyeberang ada, tetapi jaraknya terlalu jauh. Harus memutar melewati Dusun Nglorog, Dusun Ngrejo, dan Desa Genengharjo untuk menuju ke Kecamatan Tirtomoyo.

“Begitu ada jembatan itu sekarang sudah mudah, masyarakat melintasi jalur ini. Jadi banyak warga dari luar Damon juga melewati jembatan tersebut. Sebelum dibangun sangat sulit karena masuk ke dalam sungai,dan hanya ada jembatan bambu yang sudah reyot untuk menyebrang”, ungkapnya saat ditemui usai peresmian jembatan Damon, Rabu Pon (21/7/2021).

Pembangunan Jembatan Damon hasil kerjasama dengan Desa Genengharjo

Warga lainnya, Agus Riyanto dan Sakerah juga merasa senang karena pemerintah telah membangun jembatan Damon. Sekarang keduanya tidak perlu menunggu air sungai surut kalau ingin menyeberang saat hujan atau debit air tinggi.

“Dulu kalau hujan harus nunggu surut dulu baru bisa menyeberang. Sekarang kami senang karena sudah dibuatkan jembatan yang bagus dan permanen. Ini sangat menguntungkan bagi kami,” ujar Sakerah.

Doc.Foto Jembatan Damon sebelum dibangun (jembatan bambu yang sudah reyot)

“Dulu sebelum dimulainya pembangunan saya awalnya sangat pesimis dengan dana yang minim ini, akan tetapi waktu pelaksanaan, masyarakat dari semua dusun di Desa Hargorejo turut membantu dengan swadaya. Makanya pembangunan jembatan dapat terselesaikan dengan baik”, Kata Rohjati Sasongko Hadi, Sekretaris Desa Hargorejo.

Atas nama Pemerintah Desa Hargorejo, Rohjati juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak dari Pendamping Desa, Pemerintah Desa Genengharjo, Pemerintah Kecamatan Tirtomoyo, PMD Kab.Wonogiri dan tak lupa kepada masyarakat Desa Hargorejo atas peran serta dan dukungannya sehingga jembatan Damon dapat terealisasi dengan baik.

Penulis Wawan Lisdianto.