Vaksin Covid-19 Tahap 2 di Desa Hargorejo, Harus Tahu Ini Pentingnya

Vaksinasi Covid-19 tahap kedua Desa Hargorejo

TIRTOMOYO WONOGIRI. Vaksinasi merupakan proses memasukkan vaksin dalam tubuh agar seseorang menjadi lebih kebal dan terlindungi dari penyakit tertentu. Dengan menerima vaksin, maka, seseorang tersebut akan memiliki gejala yang lebih ringan dibanding orang yang belum menerima vaksin.


Baca juga :


Bertempat di Balai Desa Hargorejo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri vaksin Covid-19 dilaksanakan (8/7/2021) oleh UPTD Puskesmas II Tirtomoyo.

Lansia menjadi prioritas ke dua vaksinasi covid-19

Mengapa vaksin covid-19 harus dua tahap?

Vaksin Covid-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan. Suntikan pertama ditujukan memicu respons kekebalan awal. Sedangkan suntikan kedua untuk menguatkan respons imun yang terbentuk.

Beberapa orang ada yang melewatkan vaksinasi tahap kedua karena alasan tertentu. Satu dosis vaksin memang dapat memberi perlindungan dari virus korona.

Tetapi risiko tertular Covid-19 paling rendah jika mendapatkan dua dosis. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) belum lama ini mengkonfirmasi jika dua dosis vaksin lebih baik daripada satu.

Vaksin tahap ke dua di Desa Hargorejo tetap menerapkan protokol kesehatan

Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi efek samping setelah vaksinasi COVID-19?

  1. Tetap tenang
  2. Jika terjadi reaksi seperti nyeri, bengkak atau kemerahan di tempat suntikan, kompres dengan air dingin pada tempat suntikan tersebut.
  3. Jika demam, kompres/mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih dan istirahat.
  4. Jika dibutuhkan, minum obat sesuai anjuran petugas kesehatan.
  5. Laporkan semua reaksi/keluhan yang terjadi setelah vaksinasi ke petugas kesehatan.
PPKM Darurat Dijalankan, Desa Hargorejo Melaksanakan Deklarasi Bersama

“Untuk mengantisipasi terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius, sasaran diminta untuk tetap tinggal di tempat pelayanan vaksinasi selama 15 menit sesudah vaksinasi,”kata Etik Murtini, Petugas Kesehatan Puskesmas II Tirtomoyo.

Semakin banyak orang yang menerima vaksin Covid-19 membuat harapan pandemi segera teratasi semakin besar. Vaksin Covid-19 bekerja lebih efektif apabila diberikan sebanyak dua dosis.

Petugas Kesehatan dari UPTD Puskesmas II Tirtomoyo melayani vaksinasi covid-19

Di tempat terpisah Kepala Desa Hargorejo Purwoko,S.Sos mengatakan bahwa, setelah melakukan vaksinasi Covid-19 masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M dan menghindari kerumunan.

“Apalagi sekarang ini diperlakukan PPKM Darurat, dihimbau masyarakat Desa Hargorejo untuk menunda berpergian jauh apalagi ke luar kota/Provinsi,” tambah Purwoko.

Penulis Wawan Lisdianto.