PPKM Darurat Dijalankan, Desa Hargorejo Melaksanakan Deklarasi Bersama

Penandatanganan Deklarasi Bersama PPKM Darurat

TIRTOMOYO WONOGIRI. Pemerintah menetapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat (PPKM darurat) Jawa-Bali mulai 3 hingga 20 Juli 2021. Kebijakan ini diharapkan dapat menurunkan laju kasus penularan Covid-19 yang terus melonjak.

Pengetatan peraturan PPKM darurat ini juga fokus di wilayah Pulau Jawa dan Bali karena menurut peta yang ada, setidaknya ada 44 kabupaten/kota dan 6 provinsi yang memiliki nilai asesmen 4.


Penyemprotan Desinfektan di Desa Hargorejo untuk mencegah penyebaran covid-19

STOP Takut Vaksinasi Covid-19! Sebanyak 100 Lansia Desa Hargorejo Tirtomoyo Sudah Melakukan Vaksinasi


Pemerintah Desa Hargorejo menggelar Apel Deklarasi Bersama Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Senin (5/7/2021). Bertempat di Balai Desa Hargorejo apel ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Hargorejo, diikuti oleh unsur Satgas Jogo Tonggo, BPD, RT, RW, dan Kepala Dusun.

Deklarasi bersama Desa Hargorejo dilaksanakan berdasarkan Instruksi Bupati Wonogiri

“PPKM Darurat ini dilaksanakan dalam rangka percepatan penanggulangan lonjakan kasus covid-19 berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021, Instruksi Gubernur Jawa Tengah Nomor 1 Tahun 2021, ditindaklanjuti dengan Instruksi Bupati Wonogiri Nomor 1 Tahun 2021,” kata Purwoko,S.Sos dalam sambutannya.

Deklarasi bersama dipimpin oleh Kepala Desa Hargorejo

Isi dari deklarasi bersama tersebut meliputi tujuh poin, yakni :

  1. Siap menaati peraturan perundang-undangan penanganan Covid-19 dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab,
  2. Melaksanakan dan menerapkan PPKM Darurat secara ketat sampai dengan tingkat RT RW,
  3. Melarang warga masyarakat untuk menyelenggarakan bentuk kegiatan apapun yang menimbulkan kerumunan orang,
  4. Menghimbau kepada warga masyarakat untuk menerapkan prokes 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan),
  5. Siap menyukseskan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang program vaksinasi Covid-19,
  6. Bersedia menyiapkan tempat isolasi terpusat dari tingkat kabupaten sampai dengan tingkat desa atau kelurahan,
  7. Akan menindak tegas dan memberi sanksi kepada orang atau lembaga yang melanggar peraturan perundang-undangan tentang penanganan Covid-19.
Deklarasi bersama PPKM Darurat diikuti oleh BPD,RT,RW dan Kadus

Dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama tersebut, Kepala Desa Hargorejo Purwoko,S.Sos mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mau peduli dan mensukseskan pelaksanaan PPKM Darurat. Masyarakat dihimbau untuk terus berikhtiar dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M untuk dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Wonogiri.

Penulis Wawan Lisdianto.