Monitoring Evaluasi Tim Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri Ke Desa Hargorejo

Tim Monitoring Kecamatan Tirtomoyo di Desa Hargorejo

TIRTOMOYO WONOGIRI – Dalam rangka terus melakukan pemantauan disetiap tahap perkembangan pembangunan, Kecamatan Tirtomoyo melakukan monitoring dan evaluasi penggunaan anggaran di Desa Hargorejo.

Tim Monitoring evaluasi dari pihak kecamatan, melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) bersama Pendamping Desa, sekaligus dilakukannya pengecekan fisik pembangunan yang menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2021 , Senin (26/04/2021).

Monitoring dan evaluasi oleh Tim dari Kecamatan Tirtomoyo

Kegiatan monitoring lebih terfokus pada kegiatan yang sedang dilaksanakan di desa dengan cara menggali untuk mendapatkan informasi secara regular berdasarkan indikator tertentu, dengan maksud mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung sesuai dengan perencanaan dan prosedur yang ada.

“Indikator monitoring mencakup esensi aktivitas dan target yang ditetapkan pada perencanaan program pembangunan, dari monitoring kita dapat memberi informasi kepada desa apabila terjadi hambatan dan penyimpangan, serta sebagai masukan dalam melakukan evaluasi,” Kata Sri Maryati, Kasi Tapem Kecamatan Tirtomoyo.

Iwan, Pendamping Desa melakukan pengecekan fisik pembangunan

Asih Rejeki, Pendamping Desa Kecamatan Tirtomoyo mengatakan, maksud dan tujuan kami mengadakan monitoring evaluasi bukan untuk mencari-cari kekurangan dan kesalahan, tetapi bertujuan guna untuk meluruskan sesuai dengan adanya Permendes, agar kegiatan yang ada di desa khususnya di Kecamatan Tirtomoyo ini pelakasanaan yang melalui dana desa (DD) itu sesuai aturan, baik admistrasi maupun fisiknya.

“Contoh SPJ Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang sudah dilaksanakan seperti Fisik dan Non Fisik tahap 1 ” tutup Asih Rejeki.


Monumen 48 Hargorejo Menjadi Tempat Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2020
Kisah Mistis Tersesatnya Bus STJ di Tunggangan

Terpisah, saat berbincang dengan Sekretaris Desa Hargorejo, Rohjati Sasongko Hadi menyampaikan, ”sangat senang dengan adanya kegiatan monitoring dan evaluasi di desa, dengan monitoring kita dapat lebih berhati hati dalam menggunakan setiap anggaran, serta sebagai bahan evaluasi desa untuk lebih baik ke depannya”.

Penulis Wawan Lisdianto.