Desa di Kecamatan Tirtomoyo Mulai Dilanda Kekeringan dan Krisis Air Bersih

Pendistribusian air bersih ke warga

hargorejo.sideka.id – Kekeringan dan krisis air bersih mulai melanda beberapa wilayah di Kecamatan Tirtomoyo. Untuk mendapatkan air bersih warga terpaksa membelinya. Kekeringan mulai dirasakan di beberapa desa, karena sejak beberapa bulan belakangan, wilayah tersebut tidak lagi mendapat guyuran hujan.

Tagana Hargorejo, Triyono, menenerangkan ada tujuh  wilayah Desa yang dilanda kekeringan dan krisis air bersih, meliputi :

  1. Desa Tanjungsari : Jarangan, Gondel, Pucangsawit.
  2. Desa Sendangmulyo : Kraguman, Semangin.
  3. Desa Arjosari : Ngampel, Banaran, Kalialang.
  4. Desa Hargantoro : Kopen.
  5. Desa Genengharjo : Tenggar.
  6. Desa Sidorejo : Sidowayah.
  7. Desa Hargorejo : Paku.

Menyikapi hal tersebut Tagana beserta relawan di Kecamatan Tirtomoyo mulai memasok air bersih ke wilayah yang terkena krisis air. Secara rutin truk yang mengangkut air didistribusikan ke warga.

Medan yang sulit tak meyurutkan kepedulian mereka

Untuk mempermudah distribusi air bersih tersebut, petugas tinggal mengisi tandon, ember, jerigen atau bak air yang sebelumnya sudah disiapkan warga. Warga kemudian berdatangan untuk antre mendapatkan air bersih tersebut.


Rakor Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Desa Hargorejo

13 Warga Hargorejo Sukarela Mengundurkan Diri dari PKH Karena Merasa Tidak Miskin


Salah satu warga Desa , Tarni mengaku sangat terbantu dengan adanya pendisribusian air bersih di desanya. Selama ini warga di daerahnya bergantung pada sumur atau sumber mata air dari pegunungan untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari.

“Namun sejak musim kemarau, sumur-sumur milik warga mulai kering sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan akan air bersih,” katanya.

Warga mengantre air bersih

Warga memprediksi, kesulitan air bersih masih akan terjadi hingga beberapa bulan ke depan seiring berlangsungnya musim kemarau. Warga meminta bantuan air bersih rutin dilakukan hingga masuk musim penghujan mendatang.

 

Ditulis oleh : Wawan Lisdianto

 

 

Facebook Comments